Berbagai Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah

 

manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah

Tomat adalah bahan pokok yang umum ditemukan di setiap dapur rumah tangga. Tentunya Anda sudah tahu bahwa tomat memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Namun, ternyata tomat juga dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulit dan wajah. Apa saja manfaatnya?

Sekilas tentang kandungan tomat dan manfaat kesehatannya

Tomat layaknya peti harta karun, jika kita membicarakan tentang segudang manfaat antioksidan. Selain kaya akan vitamin C dan E, mineral mangan, dan beta-karoten, tomat juga tinggi akan kandungan fitonutrien karotenoid, seperti lutein, zeaxanthin, dan lycopene.

Baru-baru ini, peneliti telah menemukan hubungan penting antara lycopene dengan kesehatan tulang. Lycopene berperan mencegah dan pengelolaan pengeroposan tulang dan osteoporosis akibat stres oksidatif.

Agen antioksidan ini akan menghambat produksi ROS (reactive oxygen species), seperti radikal bebas, dan pembentukan serta aktivitas osteoklas — sel yang bertanggung jawab dalam pengeroposan tulang.

Konsumsi tomat telah lama dikaitkan dengan kesehatan jantung dan pengendalian tingkat kolesterol darah, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida.

Lebih lanjut, ekstrak tomat telah terbukti membantu mencegah penggumpalan sel platelet darah — faktor yang sangat penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung, seperti atherosclerosis.

Manfaat kesehatan jantung dari tomat ini terkait dengan interaksi antar fitonutrien penting dalam kandungan tomat: esculeoside A, chalconaringerin, dan molekul asam lemak 9-oxo-octadecadienoic acid.

Manfaat tomat untuk kulit wajah

Berikut adalah sejumlah manfaat tomat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

1. Bantu mencegah kanker kulit

Seperti yang telah disebutkan, tomat kaya akan kandungan antioksidan, salah satunya adalah likopen. Likopen merupakan salah satu jenis antioksidan yang memberikan pigmen warna pada tomat.

Nah, berbagai penelitian menemukan bahwa likopen memiliki efek antikanker yang kuat. Agen antioksidan ini dapat membantu memerangi kerusakan sel kulit dari dalam dan melindungi dari risiko kanker kulit.

Kita dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 16 miligram likopen setiap hari agar tubuh bisa memerangi radikal bebas. Salah satu solusinya tentu saja dengan mengonsumsi tomat.

2. Membantu melembapkan kulit

Manfaat selanjutnya, tomat dapat digunakan untuk bantu melembapkan kulit wajah, lho. Manfaat ini bisa Anda dapatkan sebab tomat memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Menurut sebuah studi yang terbit tahun 2012 dalam Journal of Dermatological Science, penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang-orang yang memiliki eksim.

Nah, sebagai sumber kalium, Anda bisa mencoba mengoleskan tomat atau produk yang mengandung bahan ini dalam rutinitas perawatan Anda.

3. Bantu melindungi kulit dari sengatan matahari

Tak hanya bantu mencegah kanker kulit, likopen pada tomat juga dapat melindungi kulit darisengatan sinar matahari. Khasiat ini bahkan sudah dibuktikan dalam jurnal Photochemical and Photobiological Sciences di tahun 2006.

Menurut penelitian tersebut, mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen dapat membantu memberikan perlindungan seumur hidup terhadap radiasi ultraviolet yang berbahaya.

Meski demikian, tomat bukanlah pengganti tabir surya. Oleh karena itu, Anda tetap harus menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk mendapatkan perlindungan ekstra.

4. Bantu pengelupasan kulit mati

Ternyata, tomat juga bisa memberikan manfaat sebagai eksfoliator untuk kulit wajah. Hal ini pernah ditunjukkan dalam sebuah studi tahun 2011 yang meneliti tentang exfoliant herbal. Manfaat ini dapat terjadi berkat kandungan pektin dan flavonoid dalam tomat.

Pengelupasan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Pada dasarnya, kulit secara alami akan melepaskan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel-sel kulit yang baru.

Bila sel kulit mati terus menumpuk, maka hal ini bisa membuat kulit wajah terasa kering, bersisik, serta menyumbat pori-pori. Ujungnya, kulit bisa saja ditumbuhi jerawat. Oleh karena itu, kulit membutuhkan exfoliator untuk mencegahnya terjadi.

5. Membantu mendorong produksi kolagen

Kolagen merupakan protein yang berfungsi sebagai salah satu pembentuk tulang, kulit, rambut, otot, dan ligamen. Pada kulit, kolagen membantu kulit agar tetap terlihat kencang sehingga membuat tampilan wajah menjadi lebih awet muda.

Sayangnya, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, Anda membutuhkan asupannya dari sumber luar seperti makanan.

Mengonsumsi tomat bisa menjadi salah satu solusinya. Tomat mengandung vitamin C yang dapat membantu merangsang produksi kolagen sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Untuk mendapatkan tomat dengan kualitas terbaik, selalu pastikan membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan tomat juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

0 Response to "Berbagai Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Iklan Bawah Artikel