Notifications
Translate Page

Konsol game terlaris dalam sejarah

Industri konsol game adalah industri yang sangat menguntungkan dan bernilai dengan omset tahunan beberapa miliar dolar.  Dalam beberapa tahun terakhir, game PC dan mobile game mengalami pertumbuhan popularitas yang signifikan dan mampu menghasilkan keuntungan besar bagi para penggiat di bidang ini. Pada saat yang sama, konsol video masih menjadi produk yang sangat populer karena konten perangkat lunak khusus yang dimilikinya dan harganya yang relatif lebih murah dibandingkan komputer atau laptop gaming yang tangguh.  Secara khusus, konsol generasi ke-9 milik Microsoft dan Sony dapat dengan mudah memainkan game dengan resolusi 4K dan frame rate 120 dengan dukungan HDR. Meskipun komputer di bawah $1000 mungkin tidak akan mampu melakukan ini!  Tentu saja di tahun 2023 ini penjualan konsol game berjalan sangat lambat. Menurut laporan resmi yang tersedia, dua konsol, PlayStation 5 dan Xbox Series X Hingga Juni 2023, mereka sudah terjual sebanyak 60 juta unit. Dengan cara ini, bahkan total penjualan keduanya tidak akan menempatkan mereka dalam daftar sepuluh konsol game!  Sementara itu, konsol hybrid Nintendo Switch memiliki kinerja finansial yang cukup baik dan berhasil mencatatkan penjualan yang sangat baik
Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa konsol game terlaris sepanjang sejarah industri ini. Orang Jepang adalah bintang yang tak terbantahkan di bidang ini!

Industri konsol game adalah industri yang sangat menguntungkan dan bernilai dengan omset tahunan beberapa miliar dolar.

Dalam beberapa tahun terakhir, game PC dan mobile game mengalami pertumbuhan popularitas yang signifikan dan mampu menghasilkan keuntungan besar bagi para penggiat di bidang ini. Pada saat yang sama, konsol video masih menjadi produk yang sangat populer karena konten perangkat lunak khusus yang dimilikinya dan harganya yang relatif lebih murah dibandingkan komputer atau laptop gaming yang tangguh.

Secara khusus, konsol generasi ke-9 milik Microsoft dan Sony dapat dengan mudah memainkan game dengan resolusi 4K dan frame rate 120 dengan dukungan HDR. Meskipun komputer di bawah $1000 mungkin tidak akan mampu melakukan ini!

Tentu saja di tahun 2023 ini penjualan konsol game berjalan sangat lambat. Menurut laporan resmi yang tersedia, dua konsol, PlayStation 5 dan Xbox Series X Hingga Juni 2023, mereka sudah terjual sebanyak 60 juta unit. Dengan cara ini, bahkan total penjualan keduanya tidak akan menempatkan mereka dalam daftar sepuluh konsol game!

Sementara itu, konsol hybrid Nintendo Switch memiliki kinerja finansial yang cukup baik dan berhasil mencatatkan penjualan yang sangat baik.


Produk manela yang kasamut dalam 10 game konsol terlaris sabangul sejahar?

Berikut ini kami akan memperkenalkan konsol terlaris dalam sejarah, dan sembari memperkenalkan secara singkat masing-masing konsol, kami akan memeriksa penjualannya. Banyak dari konsol tersebut sebenarnya merupakan konsol genggam yang telah menjadi pilihan populer banyak gamer sejak bertahun-tahun yang lalu.


Namun, ada beberapa konsol rumah menarik yang mungkin sudah Anda miliki di daftar ini.


Game Boy Maju - Game Boy Maju

Gameboy Maju


Mungkin Game Boy Advance tidak semenarik versi aslinya, Game Boy Color (Warna) atau Nintendo DS; Namun rekor penjualan 81,5 juta perangkat oleh konsol genggam ini menjadikannya legenda!

Menariknya lagi, Game Boy Advance hanya membutuhkan waktu empat tahun (antara 2001 dan 2004) untuk mencapai jumlah penjualan tersebut.

Total volume penjualan ini menjadikan rekor penjualan tahunan GBA sebesar 20 juta unit yang terbilang luar biasa.

Game Boy Advance mengikuti jejak pendahulunya, Game Boy dan Game Boy Color, dan diluncurkan tepat ketika konsol genggam mulai populer.

Seiring dengan semua fitur menarik dari konsol seharga ratusan dolar ini, dominasi game Pokemon di platform seluler harus dianggap sebagai salah satu alasan terpenting kesuksesan Game Boy Advance. Game ini dirilis khusus untuk konsol genggam Nintendo!

Di sisi lain, Game Boy Advance juga memiliki "kompatibilitas mundur" dan dapat menjalankan semua game Game Boy Color atau Game Boy Original.

Selain itu, tidak adanya pesaing yang signifikan di pasar adalah alasan penting lainnya atas penjualan Game Boy Advance yang luar biasa. Pada tahun 2001, konsol genggam Nintendo hampir tak tertandingi di pasar, dan produk lain seperti Nokia N-Gage jarang berhasil terjual lebih dari dua atau tiga juta unit!

Bagaimanapun, Game Boy Advance adalah salah satu konsol game terlaris dalam sejarah.


Versi Super Mario terbaik; Ulasan tentang kenangan masa kecil yang manis

H3 Xbox 360 – Xbox 360

Konsol terlaris dalam sejarah

Satu-satunya konsol Microsoft yang menduduki peringkat produk terlaris dalam sejarah adalah Xbox 360, yang telah terjual sekitar 84 juta kopi.

Tentu saja angka tersebut berkaitan dengan tahun 2014 dan bersamaan dengan masuknya konsol generasi ke-8 ke pasaran. Namun, Xbox 360 masih ada di pasaran selama dua tahun lagi dan meskipun penjualannya sedikit dalam dua tahun ini, tidak diragukan lagi Xbox 360 berhasil meningkatkan rekornya sampai batas tertentu.

Xbox 360 adalah konsol yang sangat penting bagi Microsoft. Kehadiran konsol ini di pasaran berbarengan dengan dimulainya revolusi game multiplayer. Masalah ini menjadi dasar kecemerlangan Microsoft dan layanan Xbox Live yang luar biasa dari platform ini.

Xbox 360 juga memiliki beberapa game paling berkesan sepanjang masa. Misalnya, versi ketiga dan keempat dari waralaba Halo, bersama dengan versi lain seperti Halo 3: ODST dan Halo: Reach, termasuk di antara judul eksklusif konsol Microsoft, yang dianggap sebagai kartu truf penting untuknya.

Di sisi lain, judul-judul seru dan terlaris lainnya seperti Grand Theft Auto V atau Minecraft membuat jangkauan permainan luar biasa di platform ini jauh lebih luas.

Selain itu, Microsoft telah melakukannya dengan sangat baik dalam pemasaran konsolnya dan dengan menawarkan banyak fitur seperti kemampuan untuk menonton DVD, kemampuan untuk mengganti pelat muka dan memberikan tampilan baru pada perangkat, dan tentu saja penggunaan tambahan. gadget seperti Kinect, menghasilkan penjualan yang luar biasa untuk Ini adalah konsolnya.


PlayStation 3 - PlayStation 3

Playstation 3


Pertarungan antara PlayStation 3 dan Xbox 360 adalah pertarungan terdekat antara Sony dan Microsoft dalam sejarah konsol video; Pasalnya, penjualan kedua konsol ini diumumkan sangat berdekatan.

Menurut Sony, hingga tahun 2017, PlayStation 3 berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 87,4 juta unit, menjadikannya volume penjualan terendah untuk konsol rumahan Sony. Di saat yang sama, dominasi Sony di pasar konsol menjadikannya yang terlemah. perusahaan ditempatkan di tempat kedelapan dalam daftar!

Alasan popularitas PlayStation 3, seperti Xbox 360, terutama disebabkan oleh konten perangkat lunak dan permainan platform ini. Judul seperti Grand Theft Auto 5 atau franchise Call of Duty: Modern Warfare termasuk di antara game yang diterima dengan baik di PS3.

Di sisi lain, konsol ini juga diuntungkan dengan judul-judul eksklusif yang luar biasa seperti The Last of Us atau Gran Turismo 5, dan dengan mengandalkan judul-judul tersebut mampu menjadi produk yang berkesan di kalangan penggemarnya.

Tentu saja, selain untuk bermain game, PlayStation 3 juga menawarkan kepada pengguna beberapa fitur tambahan yang menarik seperti kemampuan memutar film Blu-ray atau memiliki empat port USB dan kartu memori SD di beberapa versi dan ditemukan nilai ganda.

PS3 juga mampu menjalankan sebagian besar game dari dua generasi sebelumnya; Tentu saja, dengan syarat file simpanan PS2 atau PS1 yang ada di memori lama ditransfer ke konsol baru melalui adaptor!


Nintendo Wii

Konsol terlaris dalam sejarah


Nintendo mengklaim konsol Wii yang diluncurkan bersamaan dengan perwakilan Sony dan Microsoft generasi ketujuh, yakni PlayStation 3 dan Xbox 360, telah mengalami penjualan sebanyak 101 juta unit selama masa pakainya.


Tentu saja, Nintendo mengikuti jalur yang sangat berbeda dibandingkan pesaingnya dengan konsol Wii, dan alih-alih bersaing langsung dengan kedua konsol tersebut, Nintendo berupaya memberikan pengalaman bermain yang unik! Hal ini dilakukan melalui pegangan revolusioner pada konsol ini.

Wii Sports yang merupakan salah satu dari lima video game terlaris sepanjang sejarah berhasil terjual sebanyak 82,9 juta kopi, dan Wii Sports Resort, Wii Play, dan Wii Fit merupakan game Nintendo Wii lainnya yang sangat populer.

Nintendo Wii adalah produk streaming yang hebat dan dengan cepat mampu menjadi berita teknologi teratas di dunia. Pada tahun-tahun tersebut, berita tentang orang-orang yang secara tidak sengaja melempar gagang TV atau menggunakan Wii Fit untuk menurunkan berat badan termasuk berita yang sering terdengar di berbagai belahan dunia.

Selain kecemerlangan Nintendo Wii berkat pegangan Wii Remote yang sangat menarik dan revolusioner, game eksklusif berkualitas tinggi seperti versi baru Mario, Zelda, atau Donkey Kong juga merupakan faktor lain yang berkontribusi terhadap popularitas besar Nintendo Wii. konsol ini.

Game Mario Kart Wii adalah salah satu judul Nintendo Wii luar biasa yang berhasil terjual hampir 40 juta kopi di seluruh dunia.


Wii dihentikan pada tahun 2013. Namun, game terakhir konsol ini adalah Just Dance 2020, yang secara luar biasa dirilis tujuh tahun setelah produksinya dihentikan!


PlayStation

PlayStation 1

PlayStation asli adalah konsol yang luar biasa, dan penjualannya sebanyak 102,4 juta unit menegaskan klaim ini!

Pada saat itu, pesaing utama PlayStation adalah Nintendo 64, yang hanya terjual 32,9 juta kopi, menjadikan Sony pemenang alami dalam terjun pertamanya ke dunia video game!

Yang menjadikan PlayStation salah satu konsol game terlaris sepanjang sejarah adalah koleksi gamenya yang luar biasa. Konsol pertama Sony adalah cikal bakal franchise Gran Turismo yang fantastis. Selain itu, game-game pemenang lainnya seperti Final Fantasy 7, Taken 3, Crash Bandicoot, Tomb Raider, Metal Gear Solid, dan Resident Evil termasuk di antara game-game yang membuat nama PlayStation Original bertahan sepanjang sejarah.

Secara khusus, Final Fantasy 7 masih menjadi salah satu game terlaris Square Enix!


PlayStation juga mendapatkan banyak koleksi game role-playing Jepang dan mampu memanfaatkan era keemasan kecemerlangan kategori game ini di dunia.

Selain konten perangkat lunak yang unik, Sony juga memikirkan kreasi lain untuk konsolnya. Misalnya, konsol ini merupakan produk pertama yang dilengkapi dengan drive CD, dan dalam hal ini, dianggap sebagai titik balik dalam sejarah industri video game.

Di sisi lain, kabel PlayStation Link adalah aksesori menarik dan menarik lainnya dari konsol PlayStation pertama, yang memberikan kemungkinan untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat satu sama lain untuk permainan multipemain.

Game PS1 klasik terbaik yang akan menghidupkan kembali kenangan Anda

PlayStation 4 – PlayStation 4

konsol PS4


PlayStation 4 menjadi konsol terlaris kedua Sony yang berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 117 juta unit selama masa pakainya!

Tidak seperti banyak produk dalam daftar ini, PS4 tidak memiliki fitur mewah apa pun, dan mencapai penjualan luar biasa ini hanya karena kinerja teknisnya yang luar biasa dan judul-judul eksklusif yang luar biasa.

Seperti konsol Sony lainnya, PlayStation 4 juga mendapatkan judul-judul eksklusif yang hebat, yang masing-masing meraih jutaan penjualan dan membuat nama PS4 semakin populer. Di sisi lain, memiliki pemutar Blu-ray dan kemampuan mengunduh berbagai aplikasi seperti Netflix dinilai menjadi keunggulan lain dari konsol ini.

Selain judul eksklusif dan terlaris seperti The Last of Us Part 2, Marvel's Spider-Man, Uncharted 4: A Thief's End, Horizon: Zero Dawn, God of War dan Ghost of Tsushima, PlayStation 4 juga menyertakan game-game mengesankan lainnya seperti Persona 5 Royal yang menawarkan NieR: Automata kepada para gamernya, yang meskipun tidak memiliki penjualan yang luar biasa, merupakan salah satu game terbaik generasi ke-8.

Pada generasi sebelumnya, Sony juga berhasil membuat remake Final Fantasy 7 eksklusif untuk konsolnya dan menarik minat para gamer bergenre JRPG.

Di pertengahan konsol video generasi kedelapan, Sony dan Microsoft meluncurkan dua konsol generasi menengah dengan nama PlayStation 4 Pro dan Xbox One X, yang menawarkan spesifikasi teknis yang sedikit lebih bertenaga dibandingkan model aslinya. Konsol generasi menengah ini mampu sedikit memperpanjang umur PS4 dan Xbox One.

Senang mengetahui bahwa PlayStation 4 Pro mampu memainkan game dengan resolusi 4K sebenarnya dan dukungan HDR; Apa yang tidak dapat dilakukan oleh model asli dan ramping!


Color Game Boy dan Game Boy - Game Boy Warna Game Boy

Konsol terlaris dalam sejarah


Kedua konsol tersebut, Game Boy dan Game Boy Color, patut dianggap sebagai salah satu konsol genggam terpopuler sepanjang sejarah yang berhasil terjual sekitar 118 juta unit.

Konsol Game Boy diluncurkan pada akhir tahun 80-an dan selama bertahun-tahun beredar di pasaran tanpa pesaing khusus! Konsol ini juga masih dalam jalur produksi hingga tahun 2003 dan mencapai umur sekitar 13 tahun, hampir dua kali lebih lama dari kebanyakan konsol genggam lainnya!

Kecuali untuk masalah ini, perlu diingat bahwa Game Boy adalah salah satu gadget paling berkesan dalam sejarah, yang memberikan definisi baru tentang konsol game genggam dan telah diabadikan dalam sejarah sebagai salah satu buah teknologi yang paling berpengaruh.

Sebagian besar kesuksesan Game Boy disebabkan oleh permainan Pokemon dan popularitasnya yang luar biasa pada saat itu. Namun selain Pokemon, judul sukses lainnya seperti Tetris yang terjual 35 juta kopi menjadi salah satu judul terpopuler konsol ini.

Selain itu, gelar lain seperti Dr. Mario, Kirby's Dream Land, Super Mario Land atau Tamagotchi juga mencapai kesuksesan dan penjualan yang luar biasa.

Game Boy juga menyediakan berbagai macam aksesoris kepada para gamer seperti kabel sambungan, kacamata khusus, lampu ponsel, dll., dan menciptakan pengalaman unik bagi mereka.


Nintendo Beralih - Nintendo Beralih

Konsol terlaris dalam sejarah


Nintendo Switch telah mencetak rekor penjualan yang gila-gilaan, terjual 129,5 juta unit sejak 2017! Ini berarti konsol hybrid baru Nintendo telah terjual hampir 11 juta kopi lebih banyak hanya dalam separuh masa pakai Game Boy.

Yang membuatnya lebih menarik lagi adalah Switch hanya berada di tengah jalan dan mungkin akan terus menjadi jauh lebih sukses dari sebelumnya.

Berdasarkan performa luar biasa tersebut, Nintendo Switch menjadi konsol terlaris ketiga dalam sejarah, dan di sisi lain, menjadi satu-satunya konsol Nintendo yang berhasil menjual lebih dari satu miliar kopi game!

Pemasaran yang sukses telah memainkan peran kunci dalam penjualan Nintendo Switch yang fenomenal. Di sisi lain, game eksklusif yang menarik seperti Zelda: Breath of the Wild adalah game unik lainnya yang hampir semua pemilik Nintendo Switch memiliki salinannya!

Di sisi lain, Animal Crossing: New Horizons adalah judul Switch lain yang menjadi sangat populer selama tahun-tahun penyebaran virus Corona. Selain itu, Pokemon versi terbaru, Mario, dan Zelda semuanya mampu memantapkan posisi Switch di kategori kedua konsol terlaris sepanjang sejarah Nintendo.

Dalam hal ini, perlu dicatat juga bahwa dari segi penjualan, Switch tidak kalah jauh dengan Nintendo DS yang dianggap sebagai konsol Nintendo terlaris dan mampu mengambil alih gelar tersebut di tahun-tahun mendatang.

Namun, beberapa rumor menyebutkan kemungkinan konsol Nintendo generasi baru akan hadir pada tahun 2024. Rumor yang sama sekali tidak dapat diandalkan dan belum dikonfirmasi oleh pejabat Nintendo ini dapat menantang penjualan Nintendo Switch di masa depan.


Nintendo DS - Nintendo DS

Nintendo DS


Nintendo DS menjadi monster terlaris bagi Nintendo dengan 154 juta unit terjual. Seperti Game Boy aslinya, Nintendo DS memiliki siklus hidup yang sangat panjang yaitu sebelas tahun dan selama kurun waktu tersebut berhasil mencatatkan penjualan yang luar biasa.

Harga yang sangat wajar yaitu $150, masa pakai baterai yang hebat, serta dukungan dan layanan pelanggan Nintendo yang sangat baik adalah beberapa fitur menarik yang menjadikan konsol genggam Nintendo ini bersejarah.

Terlepas dari kenyataan bahwa DS memiliki banyak koleksi permainan yang semuanya berkinerja sangat baik, konsol ini, seperti Game Boy, tidak memiliki judul-judul revolusioner seperti Pokemon! Namun demikian, beberapa judul tersukses dari konsol ini adalah New Super Mario Bros., Mario Kart DS, Nintendogs, atau Mario Party DS.

Selain judul-judul tersebut, portofolio game DS juga dipenuhi dengan judul-judul menarik lainnya yang masing-masing mampu bersinar di genrenya dan menjadikan konsol genggam Nintendo menjadi produk yang cocok untuk semua selera.

Tentu saja, masih ada perdebatan mengenai berapa banyak DS yang sebenarnya terjual!

Nintendo DS generasi berikutnya adalah model 3DS, yang sebenarnya merupakan DS yang sama dengan layar 3D!

Semua game DS secara khusus dijalankan di 3DS. Namun, hal sebaliknya tidak terjadi, dan game khusus konsol 3D tidak berjalan di DS biasa.

Menurut statistik, konsol 3DS telah terjual sekitar 76 juta unit, yang jika kita tambahkan ke penjualan DS biasa, totalnya akan berlipat ganda menjadi 230 juta unit, yang menjadikan keluarga DS sebagai konsol terlaris sejauh ini. !


PlayStation 2 - PlayStation 2

PlayStation 2


PlayStation 2 milik Sony telah terjual 155 juta unit di dunia, dan oleh karena itu menjadi konsol terlaris dalam sejarah. Perangkat ini diluncurkan pada tahun 2000, satu tahun lebih awal dibandingkan pesaing utamanya, Xbox Original dan Nintendo Gamecube.

Tentu saja perilisan konsol ini dibarengi dengan permasalahan seperti kurangnya judul-judul eksklusif besar pada saat perilisannya dan minimnya fitur-fitur memukau sehingga memperkecil kemungkinan kesuksesan konsol ini.

PlayStation 2 khususnya tidak memiliki judul yang terjual lebih dari 20 juta kopi! Sebaliknya, Sony menebusnya dengan memberikan sebagian monopoli atas GTA dan menawarkan koleksi game hebat. Judul-judul ini mencakup dua versi hebat Gran Turismo, Final Fantasy X, Tekken 5, God of War 2, dan beberapa versi Kingdom Hearts.

Jadi meskipun belum ada game revolusioner yang dirilis untuk konsol Sony, namun kombinasi unggulan dari judul-judul konsol ini menyebabkan penjualannya meroket pada akhirnya!

Faktor lain yang membuat PS2 laris manis di pasaran adalah kemampuannya sebagai pemutar DVD untuk menonton film. Oleh karena itu, PlayStation 2 menjadi pusat hiburan yang hebat bagi seluruh anggota keluarga, dan harganya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan pemutar DVD juga menjadi alasan untuk mendorong banyak orang untuk membelinya.

Saat ini masih banyak orang yang menjadikan konsol game miliknya sebagai referensi dalam segala hiburannya, termasuk bermain game dan menonton video.Konsol PlayStation 2 milik Sony adalah awal dari tren ini, dan untuk itu mendapat sambutan yang sangat hangat.

5 komentar
  1. Purwanto
    Waktu kecil pengen punya konsol gameboy gak kesampaian
    • Admin
      andalan nya ps 2 dulu
  2. COLDCLOVER
    Inget banget dulu main gameboy pinjem punya temen, masa kecil menyenangkan huhu
    • Admin
      jaman saya ps 2 udah bahagia
  3. CodeFlare
    nah game ps1 yang paling ok buat dimaenin lagi dijaman sekarang, tinggal pakai emulator epsxe 2.0.5 untuk game ps1 sudah lancar untuk dimainkan dengan kualitas hd walaupun menggunakan pc spek kentang jaman now.