Notifications
Translate Page

Panduan langkah demi langkah untuk mengamankan ponsel Android; Informasi pribadi Anda

Panduan langkah demi langkah untuk mengamankan ponsel Android; Informasi pribadi Anda Ponsel Android setiap orang berisi data dan dokumen penting miliknya. Oleh karena itu, pengamanan dan perlindungan informasi pribadi merupakan hal yang sangat perlu dan penting yang harus mendapat perhatian serius bagi para pengguna perangkat tersebut.    Tentu saja tidak ada jaminan 100% untuk melindungi ponsel dari risiko keamanan, pencurian, dll. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan ponsel Android dan melindungi informasi pribadi di dalamnya.    Sistem operasi Android telah melakukan banyak perbaikan dalam masalah keamanan selama beberapa tahun terakhir; Sehingga saat ini sistem operasi tersebut memberikan banyak fitur keamanan kepada pengguna yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan ponsel.    Tentu saja, beberapa metode ini akan merugikan pengalaman pengguna ponsel; Namun beberapa lainnya tidak memiliki poin negatif dan penggunaannya tidak akan berpengaruh pada kinerja perangkat.    Berikut ini kami akan memperkenalkan sejumlah metode untuk mengamankan ponsel Android dan menjelaskan masing-masing metode langkah demi langkah.

www.blogjatim.com Ponsel Android setiap orang berisi data dan dokumen penting miliknya. Oleh karena itu, pengamanan dan perlindungan informasi pribadi merupakan hal yang sangat perlu dan penting yang harus mendapat perhatian serius bagi para pengguna perangkat tersebut.

Tentu saja tidak ada jaminan 100% untuk melindungi ponsel dari risiko keamanan, pencurian, dll. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan ponsel Android dan melindungi informasi pribadi di dalamnya.

Sistem operasi Android telah melakukan banyak perbaikan dalam masalah keamanan selama beberapa tahun terakhir; Sehingga saat ini sistem operasi tersebut memberikan banyak fitur keamanan kepada pengguna yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan ponsel.

Tentu saja, beberapa metode ini akan merugikan pengalaman pengguna ponsel; Namun beberapa lainnya tidak memiliki poin negatif dan penggunaannya tidak akan berpengaruh pada kinerja perangkat.

Berikut ini kami akan memperkenalkan sejumlah metode untuk mengamankan ponsel Android dan menjelaskan masing-masing metode langkah demi langkah.


Otentikasi dua langkah adalah langkah pertama dalam mengamankan ponsel Android

Mengamankan ponsel Android


Otentikasi dua langkah atau 2FA adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun Anda. Jika fitur ini diaktifkan, koneksi apa pun ke akun Anda dari sistem yang tidak dikenal harus dikonfirmasi oleh Anda. Oleh karena itu, meskipun seseorang mengetahui kata sandi akun Anda, mereka harus memasukkan kode multi-digit yang dikirimkan khusus ke ponsel Anda!

Menyiapkan dan mengaktifkan otentikasi dua langkah bukanlah tugas yang rumit. Namun, sebelum Anda mengaktifkan fitur ini untuk akun lain, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu untuk akun Google Anda.


Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:


Masuk ke http://myaccount.google.com/security di ponsel Anda .

Masuk ke akun Google Anda.

Pilih opsi otentikasi dua langkah dan masuk lagi ke akun Anda.

Tekan opsi Coba Sekarang dan ikuti langkah-langkah di layar.

Setelah Anda mengaktifkan 2FA untuk akun Google Anda, keamanan ponsel Android Anda akan meningkat secara signifikan; Karena siapa pun yang ingin masuk ke akun ini atau ingin mengaktifkan akun Google lain di ponsel Anda, harus memasukkan kode konfirmasi yang dikirimkan hanya kepada Anda.


Dalam hal ini, menggunakan layanan Passkey untuk ponsel Android Anda bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan keamanan perangkat.


Gunakan kata sandi yang kuat untuk meningkatkan keamanan telepon Anda

Kata sandi yang kuat untuk telepon


Pastinya kehilangan ponsel merupakan masalah yang sangat tidak menyenangkan bagi Anda! Pada saat yang sama, masalah yang lebih tidak menyenangkan adalah orang tak dikenal dapat mengakses ponsel Anda dan melihat informasi pribadi Anda.


Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu memilih kata sandi yang kuat untuk ponsel Android Anda. Kata sandi ini harus ditentukan sedemikian rupa sehingga Anda yakin tidak ada seorang pun yang dapat menebaknya setidaknya dalam satu menit!


Di sisi lain, untuk mengamankan ponsel Android Anda, coba nonaktifkan sensor sidik jari; Karena dengan cara ini akses ponsel Android Anda akan jauh lebih mudah dan siapapun bisa mengaktifkan ponselnya hanya dengan menekan jari Anda pada sensor sejenak.


Di sisi lain, masalah keamanan yang sangat penting pada ponsel Android adalah menonaktifkan fungsi face unlock.


Perlu diketahui bahwa fungsi face unlock di ponsel Android umumnya hanya menggunakan kamera selfie dan tidak menggunakan sensor kedalaman atau item yang lebih profesional. Oleh karena itu, tidak seperti iPhone, tidak akan sulit untuk menipu sistem otentikasi di ponsel Android!


Oleh karena itu, fungsi face unlock ponsel Android Anda perlu dinonaktifkan agar keamanan akun Anda tidak terganggu.


Aktifkan fitur Temukan Perangkat Saya

Temukan fitur Perangkat Saya


Jika Anda kehilangan ponsel Android, Anda dapat menemukannya lagi dengan menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya. Dengan bantuan fitur ini, Anda dapat mengetahui lokasi terakhir ponsel Anda dan menemukannya dengan lebih mudah.


Selain itu, jika fitur ini tidak tersedia untuk Anda, setidaknya Anda bisa menghapus semua informasi di ponsel Anda dari jarak jauh agar dokumen dan data Anda tidak jatuh ke tangan orang tak dikenal.


Seperti banyak langkah keamanan lainnya, mengaktifkan Temukan Perangkat Saya di ponsel Android memiliki proses yang sederhana dan mudah:


Masuk ke bagian pengaturan di ponsel Android Anda.

Masuk ke bagian keamanan.

Ketuk Temukan Perangkat Saya.

Aktifkan fitur ini.

Jika fitur ini terpasang di ponsel Android Anda, Anda dapat masuk ke halaman Temukan Perangkat Saya melalui browser apa pun dan mengetahui lokasi terbaru perangkat tersebut.


Jaringan Temukan Perangkat Saya di Android diperkenalkan untuk melacak semua perangkat pengguna

Periksa aksesibilitas varangal aplikasi

Keamanan ponsel Android


Setiap kali Anda menginstal aplikasi baru di ponsel Android Anda, biasanya sebuah layar muncul saat pertama kali Anda menjalankan aplikasi tersebut dan memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat aksesnya. Misalnya, mikrofon, kamera, file di ponsel, kontak, lokasi, dan banyak item lainnya termasuk di antara item yang dapat Anda izinkan untuk diakses oleh aplikasi atau tidak sesuai kebijaksanaan Anda!

Dalam hal ini, perlu untuk selalu memeriksa tingkat akses berbagai aplikasi dan layanan.

Perhatikan bahwa Anda tidak perlu memberikan akses ke seluruh bagian ponsel Anda ke aplikasi apa pun. Misalnya, aplikasi berbagi gambar tidak memerlukan akses ke informasi lokasi pengguna untuk menyediakan fungsionalitas yang tepat!

Oleh karena itu, Anda dapat memblokir akses beberapa aplikasi ke fungsi-fungsi yang menurut Anda tidak diperlukan.

Untuk melihat dan mengedit pengaturan terkait tingkat akses aplikasi, Anda harus masuk terlebih dahulu ke bagian pengaturan dan klik pada bagian keamanan. Kemudian, dengan masuk ke bagian Manajer Izin, Anda dapat menemukan daftar berbagai aplikasi yang diinstal pada ponsel Anda beserta tingkat aksesnya dan memutuskan sambungan aplikasi yang menurut Anda tidak diperlukan!


Aktifkan fungsi update otomatis ponsel Android Anda

Google secara berkala merilis pembaruan perangkat lunak dan keamanan untuk sistem operasi Android. Hal ini juga berlaku untuk antarmuka pengguna khusus pada ponsel Anda dan berbagai aplikasi Android, dan aplikasi serta antarmuka pengguna diperbarui secara berkala.


Oleh karena itu, jika ponsel Android Anda mutakhir, peluang untuk mengamankannya akan meningkat dan risiko kerentanan serta lubang keamanan akan berkurang.

Oleh karena itu, untuk selalu yakin bahwa Anda menggunakan Android versi terbaru, antarmuka pengguna, dan aplikasi, lebih baik aktifkan fungsi pembaruan otomatis di berbagai bagian perangkat.

Untuk mengaktifkan pembaruan otomatis aplikasi, Anda perlu masuk ke Google Play store dan masuk ke bagian pengaturan melalui menu. Pada bagian pengaturan, pada opsi Network Preferences terdapat opsi Auto-Update yang dapat Anda aktifkan dengan cara mengaktifkannya.

Di sisi lain, pengunduhan pembaruan yang dirilis untuk Android dilakukan secara otomatis dan di latar belakang. Oleh karena itu, dalam hal ini, Anda tidak perlu berbuat banyak dan Anda hanya perlu menginstalnya setelah mengunduh pembaruan.


Bagaimana cara memastikan ponsel Android Anda diperbarui dan aman?

Tampilkan notifikasi sensitif di layar Anda

pemberitahuan Android


Beberapa notifikasi layar Android berisi informasi sensitif dan penting yang Anda tidak ingin orang lain melihatnya. Dalam situasi ini, Anda harus berhenti menampilkan kategori notifikasi ini di layar di bagian pengaturan untuk menjaga keamanan data dan informasi pribadi Anda.


Hal ini dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:


Masuk ke bagian pengaturan telepon

Klik/ketuk opsi Privasi.

Pilih opsi Notifikasi di layar kunci.

Pilih opsi Tampilkan konten sensitif hanya ketika tidak terkunci.

Tentu saja, sebagai imbalan untuk meningkatkan keamanan ponsel Anda dengan cara ini, Anda harus membuka kunci ponsel Anda untuk melihat notifikasi.

Tentu saja, beberapa ponsel Android memungkinkan pengguna untuk memfilter aplikasi yang diperbolehkan mengirimkan notifikasi di layar kunci. Jika ponsel Anda mendukung fitur ini, dengan mengaktifkannya, tingkatkan tingkat kendali Anda atas ponsel Anda.

Posting Komentar